Inovasi
Dalam undang-undang No 18 tahun 2002, dirumuskan bahwa inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses
produksi.
Proses inovasi dilakukan untuk menciptakan variasi produk dalam rangka memenuhi keinginan konsumen secara berkala dan terus menerus. Hal ini disebabkan karena keinginan dan harapan konsumen terus berkembang dari
waktu ke waktu. Inovator adalah orang dan atau badan hukum yang melakukan kegiatan pengembangan dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
Pengembangan Produk Nilai Tambah adalah Usaha yang dilakukan untuk memperbaiki produk yang sudah ada dengan cara meningkatkan kualitas, menganekaragamkan produk, dan beberapa kegiatan lainnya dengan maksud untuk lebih menyesuaikan dengan selera konsumen atau permintaan pasar dan meningkatkan nilai ekonomi produk yang dihasilkan.
Inovasi berbeda dengan kreativitas karena kreativitas adalah naluri sejak lahir, dan proses timbulnya ide-ide baru sedangkan inovasi lahir ketika diasah dan dikembangkan terus menerus serta implementasi ide dari kreatifitas dan bernilai komersial
produksi.
Otak-otak Aroma laut merupakan contoh hasil inovasi
Proses inovasi dilakukan untuk menciptakan variasi produk dalam rangka memenuhi keinginan konsumen secara berkala dan terus menerus. Hal ini disebabkan karena keinginan dan harapan konsumen terus berkembang dari
waktu ke waktu. Inovator adalah orang dan atau badan hukum yang melakukan kegiatan pengembangan dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
Pengembangan Produk Nilai Tambah adalah Usaha yang dilakukan untuk memperbaiki produk yang sudah ada dengan cara meningkatkan kualitas, menganekaragamkan produk, dan beberapa kegiatan lainnya dengan maksud untuk lebih menyesuaikan dengan selera konsumen atau permintaan pasar dan meningkatkan nilai ekonomi produk yang dihasilkan.
Inovasi berbeda dengan kreativitas karena kreativitas adalah naluri sejak lahir, dan proses timbulnya ide-ide baru sedangkan inovasi lahir ketika diasah dan dikembangkan terus menerus serta implementasi ide dari kreatifitas dan bernilai komersial
Komentar