Target Sebagai sandaran Kesuksesan



Di antara persoalan pokok yang menjadi sandaran kesuksesan dalam kehidupan manusia adalah penentuan target dan cara pencapaiaannya. Namun, apakah target itu ? dan bagaimana cara mencapainya ?
Target adalah perkara yang ingin dicapai oleh seseorang, bisa umum atau khusus, besar atau kecil, bermanfaat atau bermudharat. Kondisi target itu tergantung pada kondisi orang, kemampuannya, bakatnya dan kecenderungannya. Bila seorang murid di sekolah menengah bercita-cita menjadi seorang dokter, maka dia telah menentukan suatu target dalam hidupnya. Bila seorang pegawai berkata "Saya ingin membangun rumah" maka ia telah menentukan suatu target. Bila seorang berkata "Saya ingin rutin sholat sunat tahhajut tiap malam" maka ia juga telah menetukan suatu target. Proses penentuan target adalah Kunci kesuksesan dalam hidupnya.

Itu karena ia meletakkan tujuan dan kewajiban tertentu di hadapan orang, maka hal itu akan memaksanya berfikir untuk mewujudkan dan merealisasikannya. Oleh karena itu, orang harus belajar dan melatih diri untuk menentukan dan memilih suatu target.
sebagai seorang muslim, ada terget pokok dalam kehidupan manusia diatas bumi ini, yaitu beribadah kepada ALLAH untuk meraih keridhoaanNYA berupa syurgaNYA. Target ini adalah terget umum. Untuk menerapkannya dan menterjemahkannya ke alam nyata, haruslah dipilih dan dibagi menjadi target-target yang lebih terbatas, terfokus dan terkhusus. contohnya : terget mendirikan sholat tepat pada waktunya. walaupun target ini lebih terfokus dan lebih terbatas daripada terget umum yaitu beribadah, tetapi ia masih umum juga. Ia masih bisa dipilah dan dibagi menjadi target-target yang khusus dan tertentu hingga sampai pada target-target prektis yang terdiri dari langkah-langkah tertentu atau perbuatan tertentu, seperti pergi kemesjid ketika mendengarkan adzan, dan beramal jariah sekian rupiah untuk setiap sholat yang tidak ditunaikan tepat pada waktunya sebagai sangsi. Dua terget tersebut terbatas, jelas dan dapat diterapkan. Keduanya yang semisal dengannya termasuk langkah-langkah kerja yang terfokus untuk menerjemahkan target menunaikan sholat tepat pada waktunya.

selamat menentukan target dan berusahalah mencapai terget tersebut.
sukses selalu.
sekian.






Komentar

Anonim mengatakan…
Pencerahan yang bagus...

Postingan populer dari blog ini

Makanan yang bersifat asam dan basa

Makanan yang bersifat asam dan basa (Lanjutan)

TERONG BELANDA