Amalan Kecil Pahala Besar I



1.Pahala menunjukkan kebaikan kepada orang berlipat ganda

Dari Ibnu Mas’ud ra, Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Artinya : ِBarang siapa menunjukkan suatu kebaikan maka ia mendapat pahala sebesar pahala orang yang mengerjakannya. (Hr. Muslim)

2.Pahala memberi contoh kebaikan berlipat ganda dan mengalir sampai hari kiamat.

Dari Jarir Ibnu Abdullah ra, Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ

Artinya : Barang siapa membuat sunnah (kebiasaan) yang baik dalam ajaran Islam maka baginya pahala (sebesar) pahala orang yang melakukan kebaikan tersebut sepeninggalnya, tanpa ada yang dikurangi dari pahala mereka (yang mengerjakannya) sedikitpun. (Hr. Muslim).

3.Pahala mengajarkan kebaikan berlipat ganda dan mengalir sampai hari kiamat

Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

َ مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا فَلَهُ أَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهِ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الْعَامِل
Artinya : Barang siapa yang mengajarkan ilmu maka baginya pahala (sebesar pahala) orang yang mengerjakan amalan (dari ilmu tersebut) tanpa mengurangi pahala orang yang mengerjakannya. (Hr. Ibnu Majah dan di hasankan oleh Albani)

4. Penduduk langit dan bumi mendo’akan para pengajar kebaikan.
Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
ان الله وملا ئكته واهل السموات والارضين حتى النملة فى جحر ها وحتى الحوت
ليصلون على معلم الناس خيرا(رواه الترهذى)
Artinya : Sesungguhnya Allah, para malaikat dan semua penduduk langit dan bumi hingga semut yang ada di dalam lobangnya serta ikan-ikan selalu mendoakan guru-guru yang mengajarkan kebaikan kepada manusia. (Hr. At Tirmidzi dan dianggap shohih oleh Albani)
5.Pahala mendo’akan orang lain sebesar banyaknya orang yang di do’akan

مَنْ اسْتَغفر للمؤمنين والمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة
Artinya : Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau perempuan niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan yang didoakan. (Hr. Ath Thabrani dan dianggap hasan oleh Albani)

6. Dzikir yang lebih baik daripada dunia dan seisinya
Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
لان اقول (سبحان الله والحمد لله ولااله الاالله والله اكبر) احب الى مما طلعت عليه الشمس (رواه مسلم)
Artinya : Aku membaca : Subhanallahi wal hamdulillahi walaailaaha illallaahu wallaahu akbar (Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Allah maha besar). Bacaan itu aku lebih sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang dibawah sinar matahari. (Hr. Muslim

8. Dzikir yang pahalanya lebih daripada membebaskan sepuluh budak

Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Barang siapa yang membaca :
لااله الاالله وحده لاشريك له, له الملك وله الحمد وهو على كل شيئ قدير (متفق عليه)
Artinya : (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah yang tunggal, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kekuasaan dan puji-pujian dan Dia berkuasa atas segala sesuatu), pada setiap hari seratus kali maka baginya pahala seimbang dengan memerdekakan sepuluh budak sahaya dan tertulis baginya seratus kebaikan dan dihapus daripadanya seratus dosa dan menjadi perlindungan baginya dari gangguan syetan sepanjang hari itu hingga sore. Dan tidak ada seorangpun yang lebih utama daripadanya kecuali yang berbuat seperti itu atau yang lebih banyak dari itu. (Hadits disepakati oleh Bukhari dan Muslim)

9.Dzikir yang pahalanya memenuhi timbangan amal

Dari Abu Malik Al Asy’ari ra, Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
الطهور شطر الايمان والحمد لله تملا الميران وسبحان الله والحمد لله تملآ ن او تملا بين السموت والارض (رواه مسلم)
Artinya : Kebersihan itu separuh dari iman, dan ucapan Alhamdulillah itu memenuhi timbangan amal, dan Subhanallaahi walhamdulillaah itu memenuhi keduanya atau memenuhi antara langit dan bumi. (Hr. Muslim)

10.Dzikir yang mendatangkan seribu kebaikan atau menghapus seribu dosa .
Rosulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ قَالَ يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيحَةٍ فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيئَةٍ

Artinya : Apakah salah seorang diantara kamu tidak mampu mengerjakan seribu kebaikan pada setiap hari?. Salah seorang sahabat yang duduk bersama beliau bertanya : “Bagaimana caranya salah seorang diantara kami dapat mengerjakan seribu kebaikan?”. Beliau menjawab :”Membaca tasbih (Subhanalaah) seratus kali dapat mendatangkan seribu kebaikan atau menghapus seribu dosa atau kesalahan”. (Hr. Muslim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan yang bersifat asam dan basa

Makanan yang bersifat asam dan basa (Lanjutan)

TERONG BELANDA